Pendapat CEO Google Sundar Pichai Tentang Perkembangan AI

posted in: Berita | 0

Banyak pendapat bahwa kecerdasan buatan atau artificial inteligence (AI) akan membinasakan peradaban manusia. Salah satu pemicunya adalah banyaknya film-film holywood yang menceritakan tentang kemusnahan umat manusia oleh sebuah kecerdasan buatan. Namun CEO Google, Sundar Pichai berpendapat sebaliknya.

Pada acara bertajuk World Economic Annual Meeting yang diselenggarakan di Davos, Swiss pekan lalu, Pichai menyatakan AI merupakan teknologi yang sangat penting bagi masa depan kehidupan manusia.

Beberapa ilmuwan, salah satunya ilmuwan ternama, Stephen Hawking, menyebutkan bahwa AI berpotensi untuk menghapus eksistensi manusia. Namun Pichai berpikir sebaliknya, teknologi adalah teman yang membantu mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh dunia.

“berbicara tentang perkembangan teknologi, yang perlu ditekankan adalah memanfaatkan keuntungan dan meminimalisir kerugian,” tuturnya saat dikutip dari WEForum, Senin (29/1/2018).

Pichai yang mempunyai darah India tersebut lalu menceritakan pengalamannya sebagai contoh.

“Saat beranjak dewasa, kami tidak punya telepon. Lima tahun kemudian saat jaringan telepon masuk di wilayah kami, semuanya berubah lebih baik. Hal tersebut berlaku juga untuk AI,” ujarnya.

Menurutnya lagi,pemanfaatan AI di segala aspek kehidupan memang berpotensi menimbulkan berbagai risiko. Untuk itu, Pichai mengajak semua pihak bekerja sama untuk mengawal pemanfaatan teknologi ini dengan melalui sebuah kesepakatan yang setara dengan Persetujuan Paris.

Leave a Reply